Hubungan berat badan dengan pneumonia

Diharapkan pihak puskesmas dapat meningkatkan kegiatan edukasi berupa penyuluhan kesehatan kepada masyarakat khususnya para ibu terutama yang memiliki balita.

Hal tersebut, diharapkan dapat mengatasi kesalahpamahaman para ibu tentang pemberian ASI eksklusif, karena masih terdapatnya per- bedaan persepsi para ibu mengenai ASI eksklusif. Tipe pneumonia itu bisa ditumpangi dengan infeksi pneumonia karena bakteri. Validasi muka merupakan uji skala alat ukur dengan mengkonsultasikan kepada ahlinya agar pertanyaan-pertanyaan dalam alat ukur tidak menyimpang dari konsep isi yang hendak diukur Machfoedz, Bentuk dan keadaan serta letak rumah dapat menentukan status sosial bagi pemiliknya Mubarak, Sebab, pneumonia dapat menyebar dalam beberapa cara.

Dan sebagai kontrol adalah balita yang tidak trklasifikasi pneumonia sebanyak balita dengan klasifikasi pneumonia dari bulan Februari — April Pneumonia berat: Pentingnya pemberian ASI pada anak terutama ASI eksklusif, dikarenakan di dalam ASI banyak terkandung zat-zat nutrisi yang sempurna dan dibutuhkan oleh bayi dan anak untuk tumbuh kembangnya, serta mence- gah timbulnya berbagai penyakit khususnya infeksi.

Variabel bebas: Luas lantai bangunan rumah sehat harus cukup untuk penghuni di dalamnya, artinya luas lantai bangunan tersebut harus. Masa yang dilalui oleh balita sejak lahir hingga berumur 59 bulan dalam proses tumbuh kembangnya membutuhkan gizi yang banyak dan sesuai. Hubungan kadar seng plasma dengan derajat penyakit pneumonia.

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PERKEMBANGAN ANAK ...

Malnutrisi dapat menyebabkan kelainan pada saluran napas sehingga mengganggu proses fisiologis saluran napas dalam hal proteksi terhadap agen penyakit.

Fungsi vitamin A dibutuhkan pada masa bayi dan anak-anak untuk diferensiasi sel, yaitu yang paling nyata adalah diferensiasi sel-sel epitel khu- sus terutama sel-sel goblet yang mensintesis dan mengeluarkan lendir. Departemen kesehatan RI tahunmenyatakan tiap tahun dari 1.

Berdasarkan survei awal di RSUD dr.

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN ISPA PADA BALITA DI

Vitamin A disebut juga retinol, retinal atau asam retinoat [14]. Selain itu beberapa variabel luar yg juga dapat meningkatkan angka klasifikasi pneumonia pada balita antara lain 29 berat badan lahir rendah,tidak mendapatkan imunisasi,asupan ASI,defisiensi vitamin A,pajanan polusi udara.

Rumah adalah salah satu persyaratan pokok bagi kehidupan manusia Notoatmodjo, Malnutrisi dan Infeksi Saluran Napas Infeksi saluran napas mengurangi nafsu makan sehingga makanan yang masuk juga berkurang yang berakibat memburuknya 22 keadaan gizi penderita. Edisi I cetakan 4. Faktor risiko terjadinya pneumonia pada anak balita.

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN DERAJAT PNEUMONIA PADA BALITA DI RS. DR. M. DJAMIL PADANG

Pneumonia komuniti community-acquired pneumonia. Edisi I. Oleh karena itu,bayi akan lebih mudah terkena infeksi bila tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup.

Price,Hal 4. Kerusakan epitel seluler terutama Ket: Berbagai vitamin termasuk vitamin A juga dapat diperoleh dari kon- sumsi makanan sehari-hari dengan memperhatikan pola makanan dengan menu gizi seimbang. Oleh karena itu, penerapan teknologi yang tepat guna harus dipertahankan sedangkan kekurangan-kekurangan yang dimodifikasi, sehingga dapat memenuhi persyaratan rumah sehat yang telah ditetapkan Notoatmodjo, Teknik Sampling Pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan cara total sampling.

Perumusan Masalah Adakah hubungan antara status gizi dengan klasifikasi pneumonia pada balita di Puskesmas Gilingan Kecamatan Banjarsari Surakarta?

Menurut Pudjiadimalnutrisi akan menurunkan imunitas seluler, kelenjar timus dan tonsil menjadi atrofik dan jumlah sel T-limfosit berkurang sehinnga tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

Hubungan Rumah Tidak Sehat Dengan Kejadian Pneumonia Pada Balita

Sudoyo A. Berdasarkan bakteri penyebab:Infeksi pada saluran pernafasan jauh lebih sering terjadi dibandingkan dengan infeksi pada system organ tubuh lain dan berkisar dari flu biasa dengan gejala-gejala serta gangguan yang relative ringan sampai Pneumonia berat.

Pneumonia adalah radang paru-paru yang disebabkan oleh bermacam etiologi seperti bakteri, virus, jamur dan benda asing(1).

subjek penelitian (37 pasien) memiliki berat badan lahir antara 2, kilogram Pneumonia(berat lahir cukup). Sembilan pasien merupakan pasien dengan faktor risiko berat lahir rendah dan tiga pasien memiliki berat badan lebih dari 4 kilogram.

Sementara itu, mayoritas usia pasien berkisar antara hari, yaitu sebanyak 46 pasien.

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PNEUMONIAE

Pendidikan yang rendah akan mempengaruhi pengetahuan ibu tentang kejadian ISPA terutama pneumonia. kejadian pneumonia berhubungan dengan faktor internal yaitu umur, jenis kelamin, status gizi, berat badan lahir rendah, status imunisasi, pemberian ASI, dan pemberian vitamin dan faktor eksternal meliputi lingkungan, keluarga, pendidikan ibu dan.

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI

HUBUNGAN RIWAYAT MEROKOK, SANITASI. LINGKUNGAN DAN STATUS GIZI DENGAN KEJADIAN PNEUMONIAE BERAT PADA PASIEN RS AW SYAHRANIE SAMARINDA. Oleh Ferdinand Yusuf P BAB I.

PENDAHULUAN I.1 Latar Belakang • 1 – 4 kematian bayi disebabkan oleh ISPA • Kematian biasanya disebabkan ISPA golongan Pneumonia & pada bayi kurang dari 2 /5(10). 11/23/ · Hasil penlitian sejalan dengan hasil penelitian Herawati () dimana riwayat berat badan lahir dengan berat badan > gram tidak ada hubungan yang signifikan dengan status gizi balita saat sekarang dengan nilai p-value = (p-value > ) mungkin ada penyebab lain.

Dengan mengetahui hubungan antara status gizi dengan klasifikasi pneumonia pada balita di Puskesmas Gilingan Kecamatan Banjarsari Surakarta, dapat diperoleh informasi ilmiah sebagai sumbangan kepada dunia kedokteran serta untuk memperkaya pengetahuan di bidang Kedokteran.

2. Manfaat praktis Penelitian ini diharapkan: a.

Hubungan berat badan dengan pneumonia
Rated 4/5 based on 92 review