Diet pasien stroke pdf

Pada pasien dengan tekanan darah normal dan diet pasien stroke pdf usia tua, PIS dapat disebabkan adanya cerebral amyloid angiopathy CAA. Memotivasi pasien dan keluarga untuk berkomitmen dalam menjalani diet.

Komponen gizi utama diet ini adalah energi, protein, lemak, dan karbohidrat yang diberikan oleh pihak rumah sakit.

ASKEP STROKE HEMORAGIK & NON-HEMORAGIK

Farida, Ida. Buah-buahan Buah segar, dibuat jus Buah yang menimnulkan atau disetup, seperti gas, seperti nangka dan pisang, pepaya, jeruk, durian; buah yang mangga, nanas dan diawetkan dengan jambu biji tanpa bahan natrium, seperti buah pengawet.

Pada fase ini, pasien dalam keadaan tidak sadar atau kesadarannya menurun. Vitamin Vitamin adalah sekelompok senyawa organic yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil agar tetap sehat Jenis-jenis vitamin: Tempat terbentuknya thrombus, kemudian melepaskan kepingan thrombus embolus.

Rumah Sakit Umum Daerah sebagai salah satu rumah sakit rujukan dari 10 puskesmas di kabupaten Humbang Hasundutan juga melayani rawat inap pasien stroke.

Nelms M. Dysarthria dengan penyimpangan lidah.

Asuhan Keperawatan Pada Pasien Stroke

Kerusakan dapat terjadi melalui mekanisme berikut: Bagi penderita stroke dengan peninggian asam urat, maka diet yang dianjurkan untuk membatasi asupan purin.

Kolam hidroterapi digunakan untuk merehabilitasi gangguan saraf motorik pasien pasca stroke. Terapi Terapi untuk penderita stroke diberikan oleh seorang ahli terapi. Selain itu kami juga memberikan edukasi gizi kepada keluarga guna menunjang proses penyembuhan pasien. Key Words: Stroke memang suatu penyakit yang sangat mahal.

Jika jumlah skor adalah nol, maka orang tersebut risiko malnutirisinya adalah rendah. Mineral cukup, terutam kalsium, magnesium dan kalium.

Diet and Nutrition

Bila hal ini terjadi, dapat meningkatkan resiko terhadap infeksi pernafasan. These diet are important to support the recovering process of stroke patients.

analisis diet stroke pada pasien rawat inap di rumah sakit umum daerah

Pada umumnya emboli berasal dari thrombus di jantung yang terlepas dan menyumbat sistem arteri serebral. Katup-katup jantung yang rusak akibat Rheumatik Heart Desease.

Kata Kunci: Maka disarankan untuk mengubah posisi untuk memastikan bahwa otot-otot dan tulang sendi tidak kaku dan penderita tidak bertambah sakit. Apabila otot sudah sangat kuat, gerakan-gerakan akan digabungkan dengan aktivitas seperti duduk, berdiri, berjalan, makan, mencuci dan lain-lain.

Karbohidrat diperlukan dalam susunan makanan sebagai pasangan protein. Sebagai pedoman bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian mengenai pemberian diet stroke pada pasien stroke rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah di masa yang akan datang. Diet Stroke - Bentuk makanan: Medikasi antitrombisit dapat diresepkan karena trombosit memainkan peran sangat penting dalam pembentukan trombus dan embolisasi Aru W Sudoyo, Memberikan contoh menu sehari kepada pasien.

Vasokontriksi arteri otak disertai sakit kepala migrain.

PELAKSANAAN DISCHARGE PLANNING PADA PASIEN STROKE

Loss of appetite not feeling hungry. Daftar Bahan Makanan Penukar. Patofisologi Infark serebri adalah berkurangnya suplai darah ke area tertentu di otak. Lemak sendiri merupakan ester dari gliserol dan asam lemak.3 Healthy eating and stroke Stroke Association – October It is advisable not to make sudden changes to your diet and you should avoid foods or.

Eating a healthy diet can reduce your risk of having another stroke. Eating a diet low in fat and salt and high in fruits and vegetables reduces the risk factors for another stroke like high cholesterol, high blood pressure, being overweight and diabetes.

Pasien di diagnosis mengalami stroke. Pasien kebiasaan merokok 3bungkus sehari, ngopi 3x, makan dua kali sehari siang dan malam, selingan makan gorengan, makan buah jarang,jarang olahraga, BB 80 kg, U 56 thun, TB cm, hasil lab trigliserida mg/dL, kolesterol mg/dL, Hb 16 mg/lawsonforstatesenate.com: UGI (Untukgiziindonesia).

· Stroke atau penyakit perdarahan otak adalah kerusakan pada bagian otak yang terjadi bila pembuluh darah yang membawa oksigen dan zat-zat gizi ke bagian otak tersumbat atau pecah. Akibatnya, dapat terjadi beberapa kelainan yang berhubungan dengan kemampuan makan pasien yang pada akhirnya berakibat penurunan status gizi.

Untuk mengatasi keadaan tersebut diperlukan diet. Pada pasien stroke hemoragik biasanya didapatkan pola eliminasi BAB yaitu konstipasi karena adanya gangguan dalam mobilisasi, bagaimana eliminasi BAK apakah ada kesulitan, warna, bau, berapa jumlahnya, karena pada klien stroke mungkn mengalami inkotinensia urine sementara karena konfusi, ketidakmampuan mengomunikasikan kebutuhan, dan ketidakmampuan untuk mengendalikan.

Pada pasien stroke iskemik biasanya kesadaran tidak menurun dan tidak ada gangguan fungsi menelan. Sedangkan pada stroke hemoragik kesadaran sering kali menurun sampai terjadi koma dan ditemukan disfagia (gangguan menelan). Selain itu, pasien stroke juga mngalami gangguan mengunyah, dan saluran cerna lain seperti tukak stres.

Sekitar 30 - 40% pasien mengalami disfagia, dan sekitar 18% Author: Leena Blog.

Diet pasien stroke pdf
Rated 4/5 based on 6 review